How Do You Describe Yourself? (Part 1. Analitis)

0
213
views
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

If I am single and you ask me to go on a date because you think our zodiac perfectly matched, that’s not gonna happened. Kenapa? Karena saya butuh lebih dari sekedar perhitungan zodiak atau fengshui untuk bisa yakin akan sesuatu. Kalau kamu baca tulisan–tulisan saya, you know I’m crazy to analyze numbers. Saya adalah tipe yang lebih percaya data dan fakta yang kemudian bisa saya analisa. Tanpa ada keraguan, saya memiliki tipe kepribadian analitis. Lalu, kamu tipe yang seperti apa?

Memahami kelebihan dan kekuranganmu sangat penting bagi kehidupan sosial dan pergaulan serta memaksimalkan potensi yang kamu punya. Maka dari itu, biasanya kita diberikan tes kepribadian untuk masuk kerja atau bahkan untuk sekolah. Sebenarnya, semakin awal kita mengetahui dan menyadarinya semakin baik. Karakter seseorang dibentuk atas dasar genetik dan juga kebiasaan. Jadi lebih baik dari sejak dini kamu tahu apa yang kamu punya dan mana yang bisa kamu perbaiki.

Ada beragam pengelompokan tipe kepribadian di dunia ini. Nah, yang akan kita bahas adalah empat tipe kepribadian dan gaya interaksi sosial seseorang menurut Robert dan Dorothy Bolton. Empat tipe kepribadian tersebut dijelaskan pada diagram berikut:

image

Sumber : www.hiredguns.com

Diagram di atas menunjukkan empat tipe kepribadian, yaitu analitis (analytical), pengendali (driver), ekspresif (expressive), dan ramah (amiable). Panah vertical menunjukkan orientasi pelayanan, panah ke atas berorientasi pada hasil dan pekerjaan, sedangkan ke bawah berorientasi pada orang dan hubungan. Panah horizontal menujukkan gaya komunikasi, panah ke kiri menunjukkan tipe yang lebih banyak mendengar dan bertanya, sedangkan ke kanan lebih banyak memerintah.

So, how do you describe yourself? Where are you at?

Analitis (Analytical)

“Kita nanti tinggal di mana? Naik apa? Mau ke mana aja?”

Pertanyaan tipe orang analitis yang ribet banget bahkan sebelum liburan dimulai. Oops, that is me.

Nah, kalau kamu suka sebel banget lihat barang–barang berserakan dan berantakan atau geregetan saat traveling karena acaranya nggak jelas, I feel you. Kamu adalah tipe yang nyaman dengan keteraturan, senang detail dan fakta, dan segala sesuatu harus bersifat logis. Tipe ini adalah pemikir dan rata–rata sangat pintar karena curiousity adalah motif hidup mereka. They will question a lot and not giving up on what bible said. Karena mereka pintar dan logis, maka mereka adalah orang yang tepat untuk dimintai solusi atas masalah kamu. Maka dari itu mereka sangat bisa diandalkan. Mereka juga tipe yang sangat setia karena banyak hal didasarkan pada logika dari pada emosi. Jadi mereka akan berpikir panjang apa keuntungan dari ‘nikung’ teman, misalnya, atau apa gunanya selingkuh dari pacar,

They are poised and reserved emotionally. Meskipun abis putus cinta dengan hati dan pikiran berantakan, alis dan rambut mereka bisa tetap rapi kayak nggak habis nangis. Dari segi penampilan, mereka sangat mudah dikenali karena mereka sangat rapi, teratur, dan juga on-time performer.

Sisi buruknya adalah karena mereka sangat cerdas dan banyak pengetahuan, mereka terkesan arogan dan sombong dalam bersosialisasi. Bagi sebagian orang, mereka cukup membosankan karena terlalu banyak details atau bahkan annoying karena kebanyakan pertanyaan. Selain itu, mereka tidak begitu menyukai keramaian. Mereka lebih menyukai kegiatan soliter seperti membaca atau nonton atau lainnya yang bersifat domestic karena sifatnya yang termotivasi oleh curiosity.

Sisi buruk lainnya adalah mereka sangat indecisive atau sulit memutuskan sesuatu karena mereka cenderung overthinking dan overanalyzing. Jika partner kamu tipe analitik, jangan heran kalau dia akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memutuskan pakai baju apa, sepatu yang mana, lipstik warna apa, make-up nya gimana, dan lain sebagainya. They take forever to decide, bahkan saat shopping, mereka sangat suka pada suatu barang tertentu tapi lalu nggak jadi beli karena satu dan dua hal saat itu. Ada kemungkinan mereka akan balik lagi esok harinya. Hayoo, siapa yang begitu?

Cara berhubungan dan berkomunikasi dengan mereka sebenarnya cukup gampang, berikan penjelasan yang logis ketika kamu menyampaikan argumen. Jika mereka marah, biasanya mereka memiliki alasan yang logis meskipun sepele. Jadi, berikanlah klarifikasi yang masuk akal dan fokus pada masalahnya.

Karir yang cocok bagi mereka dengan tipe analitis adalah yang berhubungan dengan detail dan angka seperti auditor, akunting, scientist, engineering, web development, arkeologi, dan forensik.

(@tempejunkie)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here