How to Survive a Broken Heart

17
491
views
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai efek patah hati. Nah, pada tulisan ini saya akan berbagi personal tips agar kita tidak berlama-lama bersedih dan bisa segera move on. Tahun 2007 adalah tahun terberat untuk saya. My girlfriend left, I lost my job, and for some reasons, I couldn’t go home to my parents for shelter. I was so brokenhearted and so broke at the same time. Selama seminggu lebih saya tidak bisa makan. Sampai suatu sore saat terbaring di kamar kosan yang sempit, saya berkata pada diri saya sendiri untuk bangun, makan, dan buka internet cari kerjaan. Nggak akan ada orang lain yang menolong saya, selain diri saya sendiri.

Coping with the pain has never been easy. Setiap orang pernah mengalami patah hati, kehilangan, atau duka yang berlebih. Saya juga. Mungkin saya bukan seorang pakar, tapi tips ini mungkin bisa membantu kamu saat berada dalam keadaan yang menyakitkan atau di kondisi yang tidak menguntungkan.

1.   Beri ruang dan jarak untuk diri sendiri

Saya tipe yang tidak suka berteman dengan mantan. Ya, buat apa? Menurut saya akan sangat rumit memiliki hubungan pertemanan dengan mantan yang sebelumnya pernah ada hubungan spesial. Kalau hanya untuk curhat, minta tolong, atau hura-hura, saya punya beberapa teman dan sahabat yang sudah sekian tahun bersama saya. Hasil riset yang dilakukan Oakland University menyatakan bahwa, jika mantan kamu masih ingin berteman dengan kamu pasca putus, ada kemungkinan dia seorang narcissist atau psikopat. Mengapa demikian? Karena tidak semua orang yang menginginkan pertemanan dengan mantannya, murni karena hanya ingin berteman. Tetapi ada motif lain seperti status, keinginan sentimental ingin dicintai dan dilindungi. Ingat ya seperti pada artikel sebelumnya, kebanyakan psikopat itu cenderung memanipulasi korbannya untuk kepuasan dan kepentingan sendiri. Namun tentu saja kasus ini tidak berlaku pada semua orang. Ada juga sih di antara kawan-kawan yang bisa murni berteman dengan mantan. Tapi ya, sebaiknya untuk ke sana… give yourself time and space you both need to clear out your feelings. Mending lost contact daripada baper, ya nggak?

2.     Bereskan rumah!

Sederhananya, beberes atau bebersih ruangan dan barang.

Menurut para antropolog dan ilmuwan sosial CELF, terdapat kaitan antara rumah yang berantakan dengan tingginya produksi hormon kortisol (hormon penyebab stress) pada perempuan. Hal ini didukung oleh penelitian-penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa depresi dan rumah berantakan ini memiliki hubungan sebab akibat.

Saya percaya bahwa membersihkan rumah yang kita tinggali akan membantu kita membentuk kembali hidup kita. Setiap kali sesuatu yang buruk terjadi, saya selalu make-over ruangan tempat tinggal atau bahkan pindah lokasi. Sampai sekarang saya sudah pindah sebanyak 16 kali.  Bukan bermaksud melarikan diri, namun berusaha hidup kembali, dimulai dengan menata kembali barang-barang personal. Beberes ini berarti memilih dan menentukan prioritas, mana yang penting dan mana yang tidak penting. Barang yang ada di ruangan kita, tidak sekadar barang namun memiliki emotional attachment di dalamnya. Dan terkadang, nilai emosional ini yang menjadi beban buat kita. Jika saat ini kamu lagi sedih dan patah hati, cobalah untuk beberes dan bebersih ruangan kamu, lalu pilihlah barang yang pantas untuk disimpan dan mana yang perlu dibuang. Kemudian ceritakan apa yang kamu rasakan setelahnya.

3.    Berolahraga

Olahraga akan memproduksi endorfin. Endorfin inilah yang membuat kita merasa bahagia.

Happy people just don’t shoot! – Elle Woods, Legally Blonde

Well, saya rasa Elle Woods menggambarkan semuanya sekaligus, tentang betapa pentingnya berolahraga. Saat lagi sumpek (bukan cuma patah hati) saya selalu sempatkan untuk olahraga. Treadmill 30 menit sehari sudah cukup sih menurut saya. Sekitar 30 menit itu berarti kamu hanya perlu mendengarkan 7-8 lagu favorit kamu sambil olahraga. Kalau kamu tidak punya treadmill atau malas ke tempat fitness, kamu bisa coba jogging atau sempatkan untuk naik tangga 2 lantai setiap hari menuju ruangan kantormu. Misalnya kamu ngantor di lantai 17, cobalah naik lift sampai lantai 15 saja dan sisanya naik tangga. Bisa juga kamu parkir kendaraan lebih jauh sehingga kamu harus jalan kaki.

4.    Konsumsi makanan pembangkit mood baik

Ada dua hal yang terjadi saat kamu patah hati: kamu jadi rakus atau kamu nggak mau makan sama sekali. Apa pun yang terjadi, saat hati kamu berantakan, jangan lupa untuk merawat badan kita dengan baik karena mereka telah bekerja keras untuk kita. Bila hati telah rusak, jangan pula badan dirusak dengan makanan yang tidak baik. Nutritionist menganjurkan beberapa makanan untuk membangkitkan mood baik (good-mood food) seperti dark chocolate dan pisang, yang dapat meningkatkan produksi hormon endorfin serta anti-depresan. Untuk membangkitkan semangat dan energi, kamu perlu buah segar seperti jeruk dan stroberi. Untuk efek relaksasi, kamu bisa mengonsumsi green tea atau chamomile tea saat kamu nggak bisa tidur. Sedangkan untuk keperluan karbohidrat, usahakan untuk mengonsumsi yang berserat tinggi seperti produk makanan dari gandum.

5.    Bersyukur

Intinya adalah banyak-banyak bersyukur. Saat terluka, kita cenderung sangat negatif dan melupakan seribu kebaikan yang terjadi pada kita. Saat seperti itu, coba alihkan pikiran kita pada hal-hal kecil yang terjadi pada sekeliling kita. Seperti menikmati suara dan efek hujan pada malam hari atau aroma seprei baru sehabis dicuci. Untuk panduan, kamu bisa membaca buku Neil Pasricha yang berjudul The Book of Awesome. Di buku ini kamu bisa menemukan hal – hal kecil yang bisa dinikmati sehari-hari. Lalu temukan hal kecil lainnya yang bisa kamu nikmati dan syukuri.

6.    Perluas pergaulan

Ini klasik sih. Kalau lagi sedih, jangan mengurung diri di kamar. Keluarlah dan temui orang baru atau orang yang jarang sekali kamu temui. Temukan semangat baru pada saat kamu bergaul dengan orang-orang baru. Ini bukan berarti kamu melupakan teman kamu yang selalu ada buat kamu. They are your support system when you are down. Namun. tidak ada salahnya kamu mulai mengenal lingkungan baru, tetapi cari yang positif ya. Selain semangat baru, siapa tahu kamu bisa menemukan pacar baru juga.

7.    Memanjakan diri sendiri

Jatuh cinta perlu modal, apalagi patah hati.

Patah hati adalah kesempatan buat kamu mewujudkan keinginan atau hobi kamu seperti misalnya jalan-jalan ke tempat yang mantanmu nggak suka, atau belanja barang yang sangat mahal namun terkendala prioritas biaya pacaran. Kalau saya, biasanya shopping dan pergi untuk weekend getaway. When I am so sad, I go somewhere else, and book a hotel. My motto is at least when I have to cry, I cry in luxury. Nggak asik juga kalo lagi sedih banget tinggal di kosan sempit dan ditemani nyamuk.

Namun di sini kedewasaan kita juga diperlukan terutama untuk mengatur pengeluaran di saat patah hati. Menurut penelitian perempuan lebih banyak berbelanja dan cenderung overspending saat sedang patah hati sebagai bentuk untuk menghibur diri sendiri (retail therapy). Untuk tips nomor 7 ini, sebaiknya hati-hati ya jangan sampe hati kita makin sumpek karena masalah dompet. Saya biasanya sih punya simpanan untuk belanja atau liburan. Jadi simpanan ini bisa digunakan sewaktu-waktu jika retail therapy diperlukan.

Itu beberapa tips yang bisa kamu coba. Good luck!

(@tempejunkie)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

17 COMMENTS

  1. Greetings! I’ve been following your website for a while now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Houston Texas! Just wanted to mention keep up the fantastic job!

  2. Heya i’m for the primary time here. I came across this board and I in finding It really useful & it helped me out a lot. I am hoping to offer something again and aid others such as you helped me.

  3. Definitely believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the web the simplest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly do not know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  4. Hi! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I truly enjoy reading through your posts. Can you suggest any other blogs/websites/forums that cover the same subjects? Many thanks!

  5. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your site offered us with useful info to work on. You’ve done a formidable job and our whole neighborhood will be grateful to you.

  6. I felt amazing reading this and I think you’re entirely right. Inform me if you are considering garageband online, that is my primary expertise. Hope to hear from you soon, be careful!

  7. I am seriously enjoying the design of your internet site. Do you run into any browser compatibility issues? A few of my site visitors have complained about my zapya for pc free download website not working appropriately in Explorer but seems amazing in Firefox. Do you have any tips to help fix the issue?

  8. You are certainly correct, I would really enjoy to learn more info on this particular subject! I am as well interested by pickup lines since I consider it truly is very trendy now. Keep doing this!

  9. Hi there, You have done an incredible job. I will definitely digg it and personally recommend to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this website.

  10. Hi! This is my first comment on this site so I simply wanted to say a fast shout out and tell you I truly enjoy reading your posts. Can you suggest any other websites which go over bluestacks download for windows 7? I am also quite intrigued by this thing! Thank you so much!

  11. We definitely enjoy your site and find the majority of your content to be exactly I’m seeking. Would you offer other people to post articles for you? I would not mind publishing an article relating to framaroot android or possibly on a number of the subjects you write about on this website. Cool page!

  12. I was talking to a good friend of my own on this article and even regarding lucky patcher download for android too. I do think you made a number of great points in this case, we are looking forward to read more material from you.

  13. I felt great reading this info and I think you are really right. Tell me if perhaps you are thinking of lucky patcher download, that’s my primary expertise. Hope to check back with you soon, take care!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here