Selamat Bertengkar!

16
401
views
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

PERTAMA, setiap orang pasti berpikir cara pandang merekalah yang benar.

KEDUA, meskipun mereka salah, mereka tentu tidak mau langsung disalahkan.

Berapa kali kita melakukan kesalahan dan ketika ditegur, kita merespons, “Bukan gue!” atau “Enggak kok!” Dan ternyata… pada akhirnya memang benar kita yang salah.

Selain sebagai makhluk sosial, manusia juga merupakan makhluk egois. Jadi, saat kita ditegur dan merasa tidak terima, kita sering kali merasa marah. Dan umumnya, semakin kita dekat dengan orang yang menegur kita, semakin kita merasa memiliki: Hak untuk marah.

Contohnya : Gue kenal dengan Si A teman satu kos yang tipenya hanya sekadar “say hi” saja. Suatu ketika, gue nyalain musik terlalu keras dan itu mengganggu Si A, kemudian Si A negur gue dengan tampang yang bete banget, saat itu gue lagi dapet, banyak kerjaan, dan stres memuncak. Sebagai manusia normal (karena malu juga sebenarnya) gue bilang “Iya, maaf” dan ngedumel dalam hati, “Huh, dia aja sering kok gitu”, that’s all. Ngedumel dikit, kelar.

Lain halnya apabila yang menegur adalah orang yang sangat dekat dengan kita, bisa adik atau… pacar kita. Contohnya: Di mobil, gue nyetel lagu yang enak menurut gue, tapi bikin ngantuk menurut dia dengan suara keras, lalu dia menegur dengan tampang beteeee banget, pas  gue lagi dapet, banyak kerjaan, stres memuncak. Karena dia lebih dekat dari temen kos gue, maka respons pertama kali umumnya adalah kesel abis, ngambek, diem, berpikir dalam hati errr.. dia aja sering kok gitu, ngapain bla…bla…bla…bla… Dan kalo gak bisa kontrol emosi, hal kecil gitu bisa diperdebatkan.

Hmm…

Kadang kita marah, bertengkar tanpa mengerti, apa yang sebenarnya sedang kita perjuangkan?

Sering kita merasakan bahwa kita benar dan orang lain salah, lalu kita memributkan hal tersebut tanpa berpikir: apakah kita menyakiti hati mereka? Asal dia bilang “Maaf, kamu yang benar” terus kita puas?

Kadang kita marah, bertengkar tanpa mengerti, apa yang sebenarnya sedang kita perjuangkan?

Ego kita ataukah dia? Hubungan yang akan semakin baik atau hubungan yang memburuk? Kalau memburuk apa dengan itu kita puas?

Ada lagu yang bagus dan menginspirasi buat gue… Arithmetic –nya Brooke Fraser. Ini penggalan liriknya:

‎”’Cos I know now you are so much more than arithmetic. ‘Cos if I add, if I subtract. If I give it all, try to take some back. I’ve forgotten the freedom that comes from the fact. That you are the sum. So you are the one I want”

Bagaimana dalam suatu hubungan entah itu adik-kakak, anak-orang tua, dosen-mahasiswa, aku-kamu, sering kali kita ingin mengubah seseorang: ingin menambahkan, ingin mengurangi, memberikan semua hal, atau mencoba untuk mengambil sebagian dari dirinya; yang tidak jarang dilakukan dibarengi dengan pertengkaran. Tanpa kita ingat bahwa fakta utamanya adalah dialah the sum, the one that we want.

Marah itu wajar tapi marahlah dengan bijaksana.

Bertengkar dalam suatu hubungan, itu wajar dan bisa terjadi, tapi bertengkarlah dengan bijaksana, yaitu mengerti apa yang kita perjuangkan dalam pertengkaran itu.

SELAMAT BERTENGKAR! 😀

(Nda, @Justcallme_Nda)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

16 COMMENTS

  1. I am really loving the theme/design of your web site. Do you ever run into any browser compatibility problems? A number of my blog readers have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any recommendations to help fix this problem?

  2. Heya i am for the first time here. I found this board and I find It truly helpful & it helped me out a lot. I hope to offer one thing back and aid others such as you aided me.

  3. Hello! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a extraordinary job!

  4. I was talking to a buddy of my own about this info and even regarding homework solver too. I feel you made some great points on this page, we’re also looking forward to read more information from you.

  5. Hello! This is my first comment on this site so I simply wanted to give a quick hello and tell you I truly enjoy reading through your posts. Can you suggest other sites which go over shareit new version? I am as well very intrigued by this! Thanks for your time!

  6. I was conversing with a good friend of my own on this and about best desktop computer deals as well. I do think you made a few very good points in this article, we are looking forward to continue reading information from you.

  7. Appreciating the commitment you put into the site and in depth info you display. It’s good to discover a website from time to time which is not the similar old rehashed content. Wonderful read! I’ve saved your website and I’m adding your RSS feeds to our medical lawsuit site.

  8. You are totally right, I would like to learn more on the issue! I am as well interested by iphoto download for mac because I feel it truly is quite cool currently. Great!

  9. You are certainly correct, I would like to find out more information on that subject! I am as well curious about omega xl tablets because I feel it truly is quite cool in these days. Keep this up!

  10. I personally came over here via a different page on the subject of phone number locator and imagined I might as well look into this. I adore the things I see thus I am just following you. Looking forward to looking into the website back again.

  11. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My site discusses a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Awesome blog by the way!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here